Bahaya Dukun dan Tukang Ramal


Ketik REG RAMAL kirim ke 9090, dijamin mendapat DOSA

Perdukunan

Dukun dalam bahasa Arab disebut Kahin dan tukang ramal disebut ‘Arraf. Pengertian ‘Arraf (tukang ramal) adalah: orang yang mengaku mengetahui kejadian yang telah lewat, yang bisa menunjukan barang yang dicuri atau tempat hilangnya suatu barang.

Pengertian Kahin (dukun) adalah: orang yang memberitakan hal-hal yang ghaib yang akan terjadi atau sesuatu yang terkandung di hati. Menurut Syeikh Islam Ibnu Taimiyah‘Arraf , Kahin ,Munajjim (ahli nujum) adalah nama yang sama untuk dua makna di atas. (Al-Jami’ Al-Farid, hal 124)

Jadi dalam istilah kita dukun dan tukang ramal adalah orang yang mengaku mengetahui kejadian yang akan datang baik itu kabar baik atau jelek, dapat menunjukan barang yang dicuri atau tempat kehilangan suatu barang dan tahu hal-hal yang ghaib serta sesuatu yang ada dalam hati.

Allah Ta’ala berfirman dalam surat Al-An’am (6) : 59 yang artinya : “Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib, tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang ada di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidaklah jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering melainkan tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh ).”

Dalam ayat ini sangat jelas bahwa sesuatu yang ghaib atau yang akan datang tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah Ta’ala, sampai pun Rasulullah SAW. tidak mengetahuinya kecuali sesuatu yang dikabarkan oleh Allah melalui wahyu.

iklan yg menyesatkan

Pada era modern ini, semakin menjamur nama dukun, paranormal,ahli pengobatan alternatif, supranatural atau semisalnya. Sederet nama-nama ini turut menghiasi media cetak maupun elektronik. Mereka menjadi tempat rujukan (curhat) bagi orang-orang yang ingin mencapai tujuannya.Lihat saja iklan-iklan mereka di televisi dng mengirim sms tanggal lahir saja katanya mereka bisa mengetahui nasib seseorang.

Tak kalah pula, sederet nama-nama yang berbau islami seperti; tabib, habib (tidak semua habib), dan sejenisnya juga mewarnai media-media massa, membuka praktek sebagaimana praktek paranormal dan se-level-nya. Bahkan praktek yang dibuka oleh sekelas mereka ini lebih tinggi dan luas lagi, seperti mencarikan jodoh (ilmu pengasihan/pelet), mencari barang hilang, mencari/melanggengkan jabatan, ilmu kekebalan, ilmu tolak bala, atau segala sesuatu yang dibutuhkan oleh pasien/pengunjung.

Banyak pula kita temukan di  Majalah-majalah /media lainya yg meramal nasib seseorang berdasarkan tanggal lahirnya dan membaginya mejadi nama bintang seperti Aquarius,Taurus,Gemini dsb,ini semua adl praktek perdukunan dan merupakan kesyirikan.

Bahaya Perdukunan

  1. Jika hanya mendatangi tanpa mempercayai, ditolak sholatnya selama 40 hari.

(مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَيْءٍ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلاةٌ أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا (رواه مسلم

“Barangsiapa mendatangi dukun (lalu) menanya-kan sesuatu kepadanya, maka tidak akan diterima shalatnya selama 40 hari.” (HR. Muslim)

2.Jika mempercayai perkataan dukun-dukun tersebut maka ia telah kafir.

(مَنْ أَتَى كَاهِنًا فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُوْلُ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ (رواه أبو داود

“Barangsiapa yang mendatangi dukun dan mem-benarkan perkataannya, sungguh ia telah kafir ter-hadap apa yang diturunkan kepada Muhammad.” (HR. Abu Daud)

Rasulullah  berlepas diri darinya.

(لَيْسَ مِنَّا مَنْ تَطَيَّرَ أَوْ تُطُيِّرَ لَهُ أَوْ تَكَهَّنَ أَوْ تُكُهِّنَ لَهُ أَوْ سَحَرَ أَوْ سُحِرَ لَهُ (رواه البزار بإسناد جيد

“Bukan dari golongan kami, orang yang menentukan nasib sial dan untung berdasarkan tanda-tan-da (benda) burung atau lainnya, (yang bertanya dan yang menyampaikannya), atau bertanya kepa-da dukun dan yang mendukuninya, atau yang me-nyihir dan yang meminta sihir untuknya.” (HR. Al-Bazzar, dengan sanad Jayyid).

Bagi umat islam haram hukumnya bertanya kepada dukun ataupun kepada tukang ramal dan perbuatan ini termasuk ke dalam dosa besar,hukum paling ringan adalah tidak akan diterima sholatnya selama empat puluh hari. Wallahu a’lam bisshowaab

(Tyang Ndusun)

Iklan
By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s