Presiden Iran Dilempar Sepatu Pasca Tertangkap Basah “Bermesraan” Dengan Obama Via Telepon


ISTIQOMAH NEWS: Kasus pelemparan sepatu pada Presiden Negara kini kembali terjadi. Dialami oleh Presiden Iran yang baru, Hassan Rouhani setelah momen bersejarah percakapan telepon dengan Presiden Amerika, Barrak Obama. Sekembalinya Rouhani dari bandara, dia dilempar sepatu oleh sekelompok orang yang disebut sebagai kelompok radikal.

Dalam percakapan telepon itu, Rouhani mengucapkan kata-kata yang menyentak khalayak Syi’ah Iran yang selama ini mengklaim sebagai negara paling anti Amerika.

“Semoga harimu menyenangkan!” kata Rouhani pada Obama. Kemudian Obama pun menjawab, “Terima kasih, Khodahavez.”

1

Seperti dilansir dari AFP, saat rombongan Presiden Rouhani meninggalkan bandara Mehrabad, Teheran, sekitar 60-an orang berkumpul di luar bandara. Massa yang dijaga ketat oleh polisi berteriak “Matilah Amerika” dan “Matilah Israel”, saat Rouhani melintas.

Tak jauh dari kelompok penentang itu, juga terdapat sekitar 200-an kelompok pendukung Rouhani. Kedua kelompok pengunjuk rasa ini dibatasi oleh pasukan polisi.

Lalu saat atap mobil terbuka dan Presiden Rouhani muncul dari bawah, sebuah sepatu melayang ke arah orang nomor satu di Iran itu. Namun beruntung, sepatu tersebut tak mengenai sasaran. Mobil Rouhani pun lantas berlalu meninggalkan kerumunan massa.

Percakapan telepon antara Rouhani dengan Obama memang diklaim sebagai momen yang cukup bersejarah. Kontak itu disebut-sebut merupakan yang pertama kali sejak lebih dari tiga dekade terakhir, oleh karena tensi tinggi ketegangan kedua negara itu(SHOUTUS SALAM)

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s