MUI dan Ormas Islam Solo Tolak Raperda Yang Legalkan Miras


Miras haram

ISTIQOMAH NEWS: Menyikapi rencana pengesahan RAPERDA Minuman Keras oleh DPRD Kota Surakarta, yang berisi pelegalan beberapa jenis minuman beralkohol, MUI Surakarta menggelar pertemuan sejumlah pengurus, tokoh-tokoh dan elemen umat Islam di kantor MUI.

Dalam pertemuan pada hari Rabu 5 Februari tersebut, menghasilkan sejumlah keputusan yang pada intinya menolak RAPERDA yang melegalkan peredaran beberapa jenis minuman beralkohol.

Berikut ini hasil pertemuan tersebut yang dikeluarkan Komisi Fatwa MUI Surakarta.

Assalamualaikum warahmatullahu wabarokaatuh.

Hasil pertemuan tokoh tokoh dan elemen umat Islam yang difasilitasi MUI surakarta bertempat di kantor MUI SKA untuk mengsikapi raperda miras, di hasilkan kesepakatan sebagai berikut:
1. MUI dan elemen Islam menolak bentuk pengaturan miras dan mendukung pelarangan miras.
2. Semua golongan miras sebagai mana yang di maksud dalam peraturan yaitu gol A (alkohol 5 %) gol B (5-20 % ) dan gol C ( 20- 55 %alkohol ) adalah haram.
3. MUI dan elemen umat Islam akan melakukan audiensi dengan DPRD Surakarta guna menyampaikan sikap penolakan umat Islam.
4. MUI dan ormas Islam akan menempuh jalur hukum melalui YUdisial review terhadap peraturan presiden yang menjadi landasan perda miras.
5. MUI dan elemen Islam menyebut ada pihak pihak tertentu yang memanfaatkan perda miras ini untuk kepentingan sesaat pada tahun politik 2014. Maka MUI menyerukan umat untuk membaikot parpol yang turut serta mengesahkan pembolehan miras di badan legislatif.
6. MUI dan elemen Islam sudah menempuh jalur persuasif dan pendekatan hukum manakala langkah tersebut tidak diindahkan oleh pihak pihak legislatif dan pemerintah, maka MUI tidak bertanggung jawab tindakan liar yang di lakukan oleh masyarakat umum untuk mengekspresikan penolakan raperda miras tersebut.

Demikian hasil pertemuan yang di hadiri oleh MUI (komisi fatwa, komisi hukum dan komisi ukhuwah), Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, DSKS (Dewan Syariah Kota Surakarta), MTA, LUIS (Laskar Umat Islam Surakarta), perwakilan dari pemerintah kota, dan perwakilan dari legislatif serta ketua elemen umat Islam Surakarta (Elmusa).

TTD Aris Munandar.

Komisi Fatwa MUI Surakarta.

(MUSLIM DAILY)

Iklan
By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s