Usir Muslim Rohingya, Budha Rakhine Desak Pemerintah Bentuk Milisi Khusus


Usir Muslim Rohingya, Budha Rakhine Desak Pemerintah Bentuk Milisi KhususISTIQOMAH NEWS: Sejumlah politisi Buddha, biarawan dan tokoh masyarakat di negara bagian Rakhine, Myanmar menyerukan agar segera dibentuknya  “Tentara Pertahanan Nasional Arakan” untuk melawan komunitas Muslim Rohingya yang teraniaya di kawasan itu.

Pertemuan yang baru-baru ini dilakukan di Kyaukphyu Township mengusulkan gagasan pembentukan milisi Budha yang terpisah dari militer pemerintah. Ide itu pertama kalinya digagas oleh Tun Aung Thein yang berasal dari perwakilan Buthidaung Township. Ia berusaha menekan pemerintah Myanmar untuk segera mengizinkan pembentukan tentara tersebut.

Ketua Parlemen Shwe Mann dan Menteri Sekretaris Negara Aung Min juga menghadiri konferensi selama lima hari yang usai pada hari Kamis (01/05) lalu.

Situs berita Irrawaddy melaporkan bahwa Nyi Nyi Maung , seorang juru bicara dari Konferensi Nasional Arakan, mengatakan bahwa “keputusan ini keluar dari analisis kami dari situasi saat ini di wilayah kami.”

Myanmar telah dituduh melakukan genosida terhadap warga Rohingya, kelompok etnis yang tidak diakui dalam sensus terakhir Myanmar. Warga Budha Myanmar menuding bahwa etnis rohingya adalah warga Bangladesh ilegal yang bermigrasi ke Myanmar.

Kekerasan yang sedang berlangsung terhadap masyarakat Muslim Myanmar secara umum oleh ekstrimis Budha di wilayah Rakhine (Arakan) telah memaksa banyak dari mereka untuk mempertaruhkan hidup mereka dengan cara melarikan diri ke negara-negara sekitar melalui jalur laut yang berbahaya.

Banyak di antara mereka yang bertahan dalam perjalanan berbahaya itu telah menjadi korban perdagangan manusia yang membuat mereka tersandera di lokasi terpencil. Para pengungsi itu juga menghadapi deportasi dan penganiayaan di negara tempat mereka berlindung. [KIBLAT NET]

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s