TPM: Pengambilalihan Masjid Muhammad Ramadhan Cacat di Mata Hukum


TPM: Pengambilalihan Masjid Muhammad Ramadhan Cacat di Mata Hukum
ISTIQOMAH NEWS: Pengacara senior Tim Pengacara Muslim (TPM) Achmad Michdan menyatakan bahwa aksi pengambilalihan Masjid Muhammad Ramadhan yang diwarnai dengan pencopotan papan nama Tim Pengacara Muslim Perwakilan Bekasi merupakan perbuatan yang cacat di mata hukum.

Selain itu, Michdan juga mengecam pelanggaran Pemerintah Kota Bekasi mencampuri urusan internal masjid. Apalagi masjid Muhammad Ramadhan didirikan bukan dari dana APBD, melainkan dari dana wakaf dan infak masyarakat setempat.

“Pemerintah kota tidak punya kewenangan mengambil. Karena yang memimpin pengalihan itu, menutup masjid itu adalah Camat. Camat itu aparat pemerintah. Dia salah,” ujar Achmad Michdan saat ditemui oleh Kiblat.net usai persidangan aktifis Islam Adam Amrullah di PN Bekasi pada Senin, 12 Mei 2014.

Pengacara kondang yang pernah menjadi penasihat hukum Ustadz Abu Bakar Baasyir ini juga menegaskan bahwa pemerintah daerah berkewajiban memelihara fasilitas sosial dan fasilitas umum (Fasos/Fasum). Tetapi, pemeliharaan biayanya itu, masuk dalam BSM itu tanggung jawabnya pemerintah. Artinya, Masjid Muhammad Ramadhan ini status hukum kepemilikannya ada pada masyarakat bukan pada Pemkot Bekasi.

Sebagaimana diberitakan Kiblat.net sebelumnya, Pemerintah Kota Bekasi melalui Bagian Kesejahteraan dan Sosial merasa perlu mengambilalih bangunan dan aset Masjid Muhammad Ramadhan pada 20 April 2014 lalu dan mengganti seluruh DKM dan nama masjid tersebut.

“Oleh sebab itu, dalam fasilitas-fasilitas umum kan ada dana masyarakat ada perbaikan, itu yang mereka harus berikan, bukan diambil haknya. Itu kan punya masyarakat, apalagi kalau bidang keagamaan. Pemerintah daerah tidak boleh campur tangan,” tambahnya. [KIBLAT NET)

Iklan
By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s