Pertukaran Tawanan Menyebabkan Perpecahan di Internal Amerika Serikat


00-pembebasan-taliban-kompasislamISTIQOMAH NEWS: Peristiwa pertukaran tawanan antara Amerika serikat dan Imaroh Islam Afghanistan (Taliban) menyebabkan perpecahan di internal Amerika. Partai-partai politik utama Amerika Serikat berbeda pandangan tentang pertukaran lima tokoh senior mujahidin yang ditahan di Teluk Guantanamo dengan ditukar seorang tentara AS yang ditahan Taliban.

Kelompok Republik mengatakan tindakan tersebut membahayakan nyawa warga Amerika. Mereka menentang pertukaran dan memperingatkan ini adalah preseden yang mengkhawatirkan dan dapat dipandang sebagai berunding dengan “teroris”.

Senator John McCain mengatakan tahanan, yang dipindahkan ke Qatar, adalah “orang-orang paling berbahaya”. McCain menambahkan anggota Taliban yang dibebaskan “kemungkinan bertanggung jawab atas kematian ribuan orang” dan kemungkinan memiliki “kemampuan untuk berperang kembali,” katanya kepada TV CBS.

Pemerintahan sekuler Karzai di Afghanistan juga mengutuk pertukaran ini dengan mengatakan memberikan tahanan ke negara ketiga adalalah suatu pelanggaran hukum.

Setelah bertahun-tahun ditahan di penjara ilegal di teluk Guantanamo lima tokoh mujahidin itu akhirnya bebas ditukar dengan .Bowe Bergdahl yang ditawan Mujahidin. Tentara AS Sersan BoweKlik Bergdahl, 28 tahun, diserahkan kepada pasukan Amerika di Afghanistan hari Sabtu (31/5/2014).

Pertukaran tawanan ini disebut oleh amirul mukminin Mulla Muhammad Umar sebagai kemenangan besar Mujahidin Afghanistan atas Amerika Serikat. Dengan kejadian ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa dunia barat dan Amerika mengakui eksistensi pemerintahan Taliban dan kekuasaannya atas Afghanistan setelah 13 tahun berperang mempertahankan diri dari gempuran AS dan sekutunya.(KOMPAS ISLAM)

 

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s