Ribuan Milisi Syiah Irak di Suriah Pulang, Hizbullah Siapkan Dua Ribu Tentara Baru


Ribuan Milisi Syiah Irak di Suriah Pulang, Hizbullah Siapkan Dua Ribu Tentara BaruISTIQOMAH NEWS: Jatuhnya kota terbesar kedua Irak, Mosul, ke tangan mujahidin beberapa hari lalu menjadikan pukulan telak bagi pemerintahan Nuri Al-Maliki. Tak terkecuali, bagi milisi-milisi bersenjata Syiah Irak yang telah mengirimkan ribuan tentaranya ke Suriah untuk bertempur di barisan Bashar Al-Asad.

Dilansir dari media ardalrebat.net, Kamis (12/06), para aktivis menyebarkan sebuah video yang memperlihatkan sekumpulan milisi Syiah bayaran asal Irak mengumumkan kemarahan dan kesiapan mereka untuk membela negaranya dari ancaman pejuang Ahlu Sunnah. Pengambil gambar mengatakan bahwa video ini diambil dari dalam Suriah.

Dalam rekaman itu, mereka mendeklarasikan pembentukan satuan tempur yang dinamakan ‘Brigade Kemarahan Alawi’ dengan jumlah personel sekitar 7.000 pasukan Syiah. Para petempur itu berasal dari brigade Syiah Liwa Dzul Fikar dan Liwa Imam Husain. Kedua brigade tersebut merupakan brigade Syiah asal Irak yang banyak berada di sekitar kota Sayyida Zainab, Damaskus, Suriah.

Para komandan milisi Syiah, seperti komandan Liwa Husain Amjad Al-Bahadali, komandan Liwa Dzul Fikar Syahad Al-Jaburi dan komandan liwa Asadullah Ghalib Abu Fatimah Al-Mausuwi muncul dalam rekaman video itu.

Di sisi lain, sebuah situs internet yang dikenal dekat dengan Syiah Hizbullah Lebanon menyebutkan dari sejumlah sumber dari dalam organisasi bentukan Iran tersebut bahwa komando tinggi Hizbullah telah mempesiapkan mengirim pasukan baru untuk mengisi kekosongan-kekosongan di Suriah, selama kepulangan milisi Syiah asal Irak. Menurut situs bernama Janubiya tersebut, jumlah tentara Hizbullah yang diturunkan sebanyak 2.000 pasukan.

Situs tersebut menunjukkan bahwa langkah itu diambil setelah ribuan milisi Syiah asal Irak harus pulang mempertahankan wilayah mereka dari ancaman para pejuang Sunni. Sementara itu, masih menurut situs Janubiya, Hizbullah menyangkal rumor tentang pengiriman pasukan elit ke Irak untuk membantu Perdana Menteri Nuri Al-Maliki.(KIBLAT NET)

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s