Berita Palsu Rakyat Palestina Dukung Jokowi, Dubes Palestina Terkejut


berita-palsu-jokowi-palestina-di-antara_663_382ISTIQOMAH NEWS: Kabar  dukungan rakyat Palestina dan Duta Besar Palestina untuk calon presiden nomor urut 2, Joko Widodo, ternyata pemberitaan hoax alias palsu. Pemimpin redaksi Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Akhmad Kusaeni pun mengaku mengklarifikasi langsung Dubes Palestina Fariz N. Mehdawi soal berita tersebut.

 

“Saya cek ke Dubes Palestina. Dia juga merasa tidak pernah menyiarkan berita itu, tidak pernah diwawancara orang Antara siapapun karena minggu itu masih sakit,”ujar Kusaeni saat dihubungi, Senin (23/6).

Kusaeni mengungkapkan, Dubes Palestina pun terkejut saat mengetahui adanya berita hoax yang jadi pembicaraan di sosial media. Hanya, ujarnya, dubes dapat memahami setelah dijelaskan jika Antara telah diretas dan berita tersebut sudah dihapus.

“Saya kasih tahu Pak Dubes kita sudah delete berita itu. Dubes memahamilah meskipun dia banyak ditelepon orang kok menyampaikan seperti itu,”ujar Kusaeni.

Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara tidak pernah menyiarkan berita berjudul “Rakyat Palestina Doakan Jokowi” meskipun sempat tayang melalui portal daerah Antaranews Biro Sulawesi Selatan dan Biro Jogjakarta.

Kusaeni mengatakan portal http://www.antara-sulawesiselatan.com diretas (spoofing) orang yang mengunggah sebuah berita seolah-olah mengutip siaran pers dari Duta Besar Palestina untuk Indonesia Fariz N. Mehdawi.

“Spoofing” adalah penggunaan akses tidak sah kepada sistem portal Antaranews Biro Sulawesi Selatan. Dalam siaran pers itu Dubes Fariz seolah-olah menyatakan bahwa rakyat Palestina sangat menyayangi calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mendoakan keberhasilannya memenangkan Pemilu Presiden 9 Juli 2014. Hal tersebut disampaikan Fariz bertepatan dengan ulang tahun Jokowi pada 21 Juni 2014.(KOMPAS ISLAM)

 

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s