Pejuang Sunni Kepung Pangkalan Udara Penting di Utara Baghdad, Irak


Jihad IrakISTIQOMAH NEWS: Gerakan-gerakan bersenjata Ahlu Sunnah Irak yang menentang Perdana Menteri Syiah Nuri Al-Maliki, Rabu (25/06), menyerbu pangkalan udara utama di dekat ibukota Irak, Baghdad.

Sejumlah saksi mata dan pejabat pemerintah mengatakan bahwa pertempuran itu terjadi antara para pejuang Suku bekerja sama dengan para pejuang dari Daulah Islamiyah Irak dan Syam (ISIS) dan pasukan pemerintah. Pertempuran meletus sejak Rabu pagi.

Para pejuang mengepung pangkalan yang dikenal selama pendudukan AS dengan kamp Anaconda tersebut. Berbagai mortar ditembakkan pejuang untuk menekan pasukan pemerintah di kamp tinggalan militer AS tersebut.

Sejumlah saksi mata lainnya mengatakan, pejuang berhasil mengepung pangkalan itu dari tiga sudut strategis.

Dalam perkembangan lain, presiden AS Barack Obama mengirim 300 penasihat militer ke Irak sebagai jawaban atas permintaan PM Nuri Al-Maliki beberapa waktu lalu. Nuri Al-Maliki meminta AS mengerahkan pasukan udaranya ke Irak untuk membantu menghadapi pejuang Ahlu Sunnah.

Juru bicara Departemen Pertahanan AS, John Kirby, Selasa malam (24/06), mengatakan bahwa penasihat militer yang akan dikirim dalam gelombang pertama sebanyak 130 penasihat. Mereka akan ditempatkan di komando pusat militer. Mereka terdiri dari analisis, ahli intelijen dan pasukan khusus.

Sementara itu, pejuang di kota Beiji (200 km utara Baghdad) juga terlibat pertempuran sengit dengan pasukan pemerintah. Pejuang berusaha mengontrol kawasan industri, yang termasuk di dalamnya kilang minyak, di kota tersebut. Di sisi lain, televisi Irak melaporkan pesawat-pesawat helikopter yang mengangkut pasukan tambahan telah sampai di itu.(KIBLAT NET)

Iklan
By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s