Xinjiang Melarang Orang Berjilbab dan Berjenggot Naik Bus


imageISTIQOMAHNEWS: Sebuah kota di wilayah Xinjiang, Cina, melarang mereka yang berjilbab dan berjenggot lebat naik bus. Kebijakan tersebut mendapat kritikan keras karena dianggap diskriminasi terhadap penduduk muslim setempat. Yang mayoritas penduduknya adalah muslim Uighur.  Sebagaimana dilansir Worldbulletin, Rabu (06/08).

Berdasarkan laporan harian Karamay Daily, pihak berwenang mengumumkan larangan terhadap penumpang bus yang memakai jilbab, burqa, niqab atau pakaian dengan simbol bintang dan bulan sabit. Aturan tersebut dimaksudkan untuk memperketat keamanan kompetisi  olahraga yang berlangsung sampai 20 Agustus.

“Mereka yang tidak mematuhi aturan, khususnya lima jenis penumpang tersebut, akan dilaporkan ke polisi,” tulis surat kabar tersebut, Senin (04/08).

Pada bulan Juli lalu, Ibu kota Xinjiang, Urumqi telah melarang para penumpang bus membawa barang-barang seperti air, yogurt dan pemantik rokok. Kebijakan ini diambil untuk mencegah aksi kekerasan, walaupun menurut beberapa pihak, termasuk lembaga hak asasi manusia, hal tersebut justru dapat memprovokasi terjadinya aksi kekerasan. Karena terkesan mendiskriminasikan sebuah kelompok.

“Para pejabat di kota Karamay telah mendukung  secara terbuka kebijakan rasis dan diskriminatif yang ditujukan pada orang-orang Uighur biasa,” ujar  Alim Seytoff, presiden Uighur  American Association yang berbasis di Washington, dalam sebuah email.

Ratusan orang meninggal dalam kerusuhan di Xinjiang dalam 18 bulan terakhir, namun ketatnya keamanan yang diberlakukan membuat wartawan sangat sulit untuk melakukan investigasi.(MUSLIM DAILY)

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s