Permohonan Legalisasi Nikah Beda Agama, MUI: Umat Islam Tidak Akan Diam


Mahkaham KonstitusiISTIQOMAH NEWS: Lima warga negara menggugat UU Perkawinan karena ingin legalisasi pernikahan beda agama (NBA). Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Fahmi Salim,MA mengingatkan kepada para penggugat bahwa kaum Muslimin di Indonesia tidak akan membiarkan upaya mereka mencabut undang-undang tersebut.

“Umat Islam tidak akan tinggal diam, jika uji materi UU Perkawinan no.1 1974 pasal 2 dikabulkan MK. UU itu diperjuangkan oleh alim ulama, umat dan partai Islam di zaman Orba sampai gelombang demo umat Islam besar-besaran ambil alih sidang paripurna pengesahannya,” katanya saat dihubungi kiblat.net pada Jumat (5/9) di Jakarta.

Lanjut Fahmi, Hukum NBA sudah final mengikat yaitu haram bagi umat Islam berdasarkan Qur’an, Hadis, Ijma Ulama dan Fatwa MUI. bahkan menurutnya dalam agama lain pun ada ketentuan hukum yang sama.

“Dalam ajaran semua agama non Islam juga sama melarangnya,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Jakarta ini.

5 orang ini menggugat Pasal 2 ayat 1 UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Pasal itu mengatur perkawinan menurut agama adalah perkawinan yang sah. Mereka kemudian merasa hak konstitusionalnya berpotensi dirugikan oleh keberadaan pasal tersebut. Sementara, Fahmi menilai UU itu justru sudah sesuai dengan konstitusi.

“Jadi UU tersebut sudah sesuai dengan norma-norma agama yang resmi diakui dan dilindungi oleh negara, sehingga haram untuk dirubah-rubah oleh kekuatan sekuler anti agama manapun,” ungkap lulusan Al-Azhar Mesir ini.

“Jika tidak mau tunduk kepada aturan agama yang diserap UU tersebut, silakan tanggung jawab masing-masing tanpa pencatatan KUA dalam konteks pemeluk Islam,” tegas Fahmi.(KIBLAT NET)

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s