Pemerintah Indonesia Tetapkan Idul Adha 5 Oktober


rukyatISTIQOMAH NEWS: Pemerintah Indonesia telah melakukan sidang itsbat untuk menetapkan jatuhnya bulan baru atau 1 Dzulhijah tahun 1435 Hijriyah. Pemerintah secara resmi menetapkan 1 Dzulhijah jatuh pada 26 September 2014 sehingga hari raya Idul Adha bertepatan dengan 5 Oktober 2014. “Menetapkan 1 Dzulhijah 1435 H jatuh pada hari Jumat 26 September 2014.

Dengan demikian 10 Dzulhijah bertepatan dengan 5 Oktober 2014 Masehi,” kata Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (24/9/2014). Sidang itsbat digelar secara tertutup seperti sidang itsbat penentuan 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri dua bulan yang lalu. Semua organisasi masyarakat (ormas) Islam juga dilibatkan dalam sidang tersebut untuk mendengar pendapat masing-masing dari mereka.

Dalam sidang tersebut juga dihadiri oleh ahli astronomi yang memaparkan pandangannya dalam aspek keilmuan yang ditekuninya. Sehingga, selain menggunakan metode rukyatul hilal, penentuan 1 Dzulhijah telah ditinjau dari berbagai aspek keilmuan. Teknis penetapan 1 Dzulhijah dilakukan kemenag dengan berkerja sama dengan seluruh kantor wilayah dalam pemantauan hilal dengan metode rukyat. Rukyat dilakukan di 70 titik di seluruh provinsi yang ada di Indonesia (KOMPAS ISLAM)

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s