AS Tambahkan 3 Kelompok Jihad Suriah dalam Daftar Teroris


SuriahISTIQOMAH NEWS: Departemen Luar Negeri AS menambahkan sepuluh orang dan dua organisasi jihad ke dalam daftar Khusus Teroris Internasional pada hari Rabu (24/9).

Pihak yang dimasukkan ke dalam daftar teroris AS diantaranya, pemimpin Jaish al Muhajirin wal Ansar (JMA) dan warga Maroko yang memimpin Harakat al Sham Islam, serta Murad Margoshvilli, pemimpin Junud Syam. Kedua kelompok dan pemimpin jihad dianggap bersekutu erat dengan Jabhah Nusrah li Ahli Syam, cabang resmi al-Qaeda di Suriah, dan organisasi jihad lainnya di wilayah tersebut. Harakat al Sham Islam didirikan oleh tiga mantan tahanan Teluk Guantanamo.

Penambahan individu atau kelompok oleh Departemen Luar Negeri ke dalam teroris adalah bagian dari serangkaian penunjukan (ke dalam daftar) yang mencakup empat pemimpin al Qaeda, pemimpin Al-Shabaab, dan tiga pemimpin Islamic State dan operatornya.

Jaish al Muhajirin wal Ansar

Jaish al Muhajirin wal Ansar, atau Tentara Muhajirin dan Anshar bersekutu dengan al Qaeda dan kelompok jihad lainnya, JMA dihuni oleh komandan dan pejuang dari Imarah Islam  Kaukasus serta sejumlah besar pejuang asal Suriah. Kelompok ini dianggap cabang Imarah Islam Kaukasus di Suriah. Setelah kematian pemimpin Imarah Islam Kaukasus Doku Umarov, Tentara Muhajirin bersumpah setia kepada penggantinya, Ali Abu Mukhammad.

JMA didirikan oleh Umar al Shishani, pemimpin Chechnya yang bergabung dengan Daulah Islam (IS) pada musim gugur 2013, saat ini JMA dipimpin oleh Salahuddin al Shishan.

Departemen Luar Negeri menggambarkan JMA sebagai “organisasi teroris yang dipimpin warga Chechnya dan terdiri dari para pejuang asing berbasis di Suriah.”

JMA berusaha untuk tetap netral dalam perselisihan antara Jabhah Nusrah dengan Daulah Islam. Tapi, kelompok ini condong kepada Jabhah Nusrah dan sekutunya, Ahrar al Sham, sepanjang tahun lalu.

Harakat Syam Al-Islam

Suriah

AS menuduh Harakat Syam Al-Islam sebagai “organisasi teroris pimpinan warga Maroko yang beroperasi di Suriah dan terdiri dari pejuang asing.” Selain itu, Syam Al-Islam dituding “telah melakukan serangan teroris dan terlibat dalam penculikan terhadap warga sipil bersama organisasi-organisasi ekstremis kekerasan di Suriah, termasuk Jabhah Nusrah.”

Syam al-Islam adalah salah satu dari beberapa kelompok jihad yang berperang di Latakia pada Agustus 2013. Kelompok ini, bersekutu dengan Jabhah Nusrah, ISIS, Ahrar al Syam, JMA, dan Suquor al Izz.

Harakat Syam al-Islam didirikan pada tahun 2013 oleh Ibrahim bin Shakran, Ahmed Mizouz, dan Mohammed Alami, tiga orang Maroko yang ditangkap di Afghanistan setelah invasi AS tahun 2001. Ketiganya ditahan di Teluk Guantanamo, dan kemudian dilepaskan dan dipindahkan penjara pemerintah Maroko. Pada tahun 2004, Bin Shakran dibebaskan, meskipun Joint Task Force Guantanamo menilainya sebagai “anggota tingkat tinggi” komisi syariah Islam Maroko Combatant Group, sebuah organisasi jihad berafiliasi ke al Qaeda.

Pada akhir 2004 Bin Shakran dan Mizouz segera kembali lagi beraktivitas dalam jihad, keduanya ditangkap dan dihukum kembali dengan tuduhan mendukung terorisme pada tahun 2007, dan kemudian dibebaskan dari penjara setelah menjalani hukuman singkat.

Bin Shakran atau Abu Ahmad al Maghribi atau Abu Ahmad al Muhajir atau Brahim Benchekroune, memimpin Harakat Syam al-Islam sampai ia terbunuh saat berperang bersama Jabhah Nusrah, Ahrar al Sham, dan JMA Darat selama serangan terhadap pasukan Suriah di provinsi pesisir Latakia awal tahun ini.

Sementara itu, Alami sebagai salah seorang pendiri kelompok itu gugur syahid di Suriah pada Agustus 2013. Adapun, Mizouz masih aktif di Harakat Syam al-Islam.

Murad Margoshvili AKA Muslim al Shishani

Suriah

Murad Margoshvili atau Muslim al-Shishani, adalah komandan Junud Syam asal Chechnya.

AS menggambarkan dia sebagai “pemimpin Chechnya terkenal di Suriah yang membangun basis pelatihan teroris di Suriah dekat perbatasan Turki, di mana pejuang asing yang baru tiba menerima pelatihan tempur.”

“Dia juga pemimpin Junud Syam, sebuah kelompok militan yang berperang bersama kelompok-kelompok ekstremis lain di Suriah,” lanjut pernyataan AS.

Junud Syam melakukan operasi bersama dengan Jabhah Nusrah depan, Ahrar al Sham dan organisasi induknya, Jabhah Islamiyah, dan JMA. Dalam sebuah video, Muslim terlihat merayakan kemenangan jihad di Latakia pada Maret 2014, selain dia, terlihat juga Syaikh Dr Abdallah Muhammad al Muhaysini, seorang ulama Al-Qaeda asal Saudi; Hassan Abboud, amir Ahrar al Sham yang dekat dengan utusan pribadi Syaikh Aiman azh Zhawahiri untuk Suriah; dan seorang komandan ChechnyaAbu al Tarib Shishani.

Muslim al Shishani telah melancarkan jihad selama tiga dekade, menurut sebuah video biografi yang dirilis pada November 2013 dan diterjemahkan oleh MEMRI.

Muslim “bertugas di divisi pertahanan udara tentara Soviet di Moldova” sebelum runtuhnya Uni Soviet, demikian MEMRI melaporkan. Setelah itu, ia bergabung dengan jihad di Chechnya dan berjuang bersama Ibn Khattab, seorang mujahid asal Saudi yang memimpin Al-Qaeda Internasional ‘Brigade Islam’ di Chechnya sebelum ia dibunuh oleh pasukan Rusia pada tahun 2002.

“Dia bekerja dengan banyak tokoh terkemuka di unit Chechnya-Arab, termasuk Abu Jafar dan penerus Ibn Khattab Abu al Walid, dan akhirnya dipromosikan menjadi komandan lapangan,” demikian menurut MEMRI.

Ia ditangkap oleh pasukan Rusia pada tahun 2003 dan dibebaskan setelah dua setengah tahun berada di dalam tahanan. Pada tahun 2008, ia membentuk unit pertempuran di Kaukasus Rusia ‘Republik Dagestan. Dia telah bersumpah setia kepada Doku Umarov, amir Imarah Islam Kaukasus.

Pada tahun 2012, Muslim meninggalkan Kaukasus untuk berjihad di Suriah.(KIBLAT NET)

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s