Ini Dia Peraturan Tertulis Ahok yang Dikabarkan Membatasi Tradisi Ied Kurban


ISTIQOMAH NEWS: Meski mantan Bupati Bangka Belitung beragama Kristen itu membantah keras kalau dirinya melarang pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, bukti tertulis ternyata membuktikan adanya larangan tersebut.

Seperti disampaikan melalui akun Twitternya @basuki_btp, Rabu 24 September 2014, Ahok menuliskan: “Saya tidak pernah melarang pemotongan hewan kurban. Tidak mungkin saya melarang umat Islam melaksanakan ibadah. Jgn sembarangan mainkan isu”.

Wesite resmi pemerintahan provinsi DKI, http://www.jakarta.go.id memuat dokumen yang berisi larangan Ahok kepada SDN untuk melaksanakan pemotongan hewan kurban. Pada point 4.a.1) instruksi tersebut sangat jelas tertulis “melarang kegiatan pemotongan hewan kurban dilokasi pendidikan dasar”.

Lucky P Sastrawirya, anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Demokrat, menyesalkan adanya instruksi tersebut. Pasalnya, prosesi pemotongan hewan kurban bagi umat Islam merupakan perkara sakral. “Instruksi ini ngawur. Prosesi pemotongan hewan kurban tidak bisa sembarangan, ada tata cara menurut ajaran Islam,” katanya.

salinan surat instruksi

Instruksi Gubernur Nomor 67 tahun 2014 yang ditandatangani Wakil Gubernur Ahok melarang penjualan dan pemotongan hewan kurban di fasilitas umum seperti taman, tepi jalan, dan lainnya. Pemotongan hanya dibolehkan di Rumah Pemotongan Hewan Cakung (RPH).

Ahok  memerintahkan wali kota dan bupati  mengkoordinasikan  dewan masjid. Intinya, pemotongan hanya diperbolehkan di RPH saja. Dalihnya demi kebersihan kota, demikian seperti dikutip dari Okezone, (24/09/2014).

Hal yang aneh jika hari raya yang turun temurun telah dilaksanakan ini dibatasi dengan tetek bengek alasan tertentu. Padahal tidak pernah terjadi kerusakan berarti karena tradisi yang telah lama dilaksanakan ini.(SHOUTUS SALAM)

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s