Dalam Sebulan Terakhir, 14.500 Muslim Rohingya Diusir dari Tanah Kelahirannya


MyanmarISTIQOMAH NEWS: Laporan terbaru mengungkap pemerintah Myanmar masih melanjutkan pengusiran, pembantaian dan penahanan warga minoritas Rohingnya. Dalam sebulan terakhir, sedikitnya 14.500 Muslim Rohingya dicabut kewarganegaraannya dan diusir dari kampung halaman mereka.

Dilansir dari Al-Jazeera, Selasa (25/11), kepala organisasi kemanusiaan GRC, Muhammad Na’im Al-Arakani mengatakan bahwa pihaknya menemukan fakta pemerintah terus mendiskriminasi warga Rohingya. Ia menyatakan telah menemukan 3 kasus pembantaian warga Rohingya, 10 kasus penyiksaan dan 37 kasus penangkapan. Selain itu, 14.500 warga diusir ke luar Myanmar.

Na’im menambahkan bahwa kejahatan itu dilakukan pemerintah Myanmar dalam satu bulan. Ia menjelaskan, fakta itu ia temukan dalam pemantauan dari tanggal 4 Oktober hingga 7 November.

Aktivis HAM lainnya, Thahir Muhammad Al-Arakani, menyebutkan bahwa pemerintah Yaman setiap hari mengusir muslim Rohingya dari wilayah Arakan. Mereka dicabut warga kewarganegaraannya dan dibuang ke Tailand serta negara-negara tetangga.

Thahir menjelaskan, pengusiran itu dilakukan kapal-kapal asing yang datang dari luar perairan Myanmar. Selama pengangkutan warga Rohingya, kapal-kapal itu dikawal Angkatan Laut Myanmar.

Ia menambahkan, sebagian warga yang tiba di darat diperdagangkan oleh sindikat perdagangan manusia. Sementara sebagian lain yang tidak laku dibiarkan begitu saja di pantai tanpa diketahui nasib mereka.

Sementara itu di kota MDO, lanjut Thahir, pemerintah terus meneror warga muslim. Mereka di intimidasi untuk meninggalkan rumah mereka menuju ke luar Myanmar. Di antara bentuk intimidasi dengan menangkap salah satu anggota keluarga dan dieksekusi. Kemudian, jasadnya dimutilasi dan potongan tubuhnya dikirim keluarga korban.

Thahir memperingatkan, jika hal itu terus berlanjut kota MDO menjadi kota mati. Warganya satu per satu pergi, takut dibantai pemerintah.(KIBLAT NET)

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s