Pejuang AQAP Gempur Pemberontak Syiah Houtsi, 11 Tewas


Al-Qaidah di Semenanjung Arab atau yang dikenal dengan Al-Qaeda in the Arabian Peninsula (AQAP) terus menggulirkan operasi menargetkan pemberontak Syiah Houtsi. Sedikitnya, 11 milisi tewas dalam dua serangan berbeda di kota Rada, provinsi Baidha.

Kelompok yang memiliki nama lain Anshar Al-Shariah itu mengumumkan dalam akun Twitter-nya, sebagaimana dilansir Al-Jazeera, Senin (24/11), bahwa pejuangnya melancarkan dua operasi mematikan yang menargetkan pemberontak Syiah Houtsi di kota Rada. Dua serangan itu terbilang sukses dan menimbulkan kerugian besar di pihak musuh.

AQAPISTIQOMAH NEWS: AQAP menjelaskan, operasi pertama menargetkan patroli milisi Houtsi di daerah Macairab di Qifah Rada. Mujahidin meledakkan ranjau dan tepat mengenai mereka. Akibatnya, tujuh pemberontak Syiah Houtsi tewas seketika.

Operasi kedua dilancarkan dengan menembakkan roket RPG ke sebuah rumah, tempat berkumpul pemberontak Syiah Houtsi di kota yang sama. Rumah itu pun terbakar dan menewaskan empat milisi Syiah Houtsi yang ada di dalamnya.

Sementara itu, milisi Syiah Houtsi bungkam atas dua operasi AQAP ini sebagaimana disebutkan Al-Jazeera. Seperti biasa, milisi dukungan Iran itu selalu menutup-nutupi kerugian pasukan yang diderita dalam setiap pertempuran atau operasi.

Sejak memasuki provinsi Baidha di selatan Yaman, khususnya di kota Rada, Syiah Houtsi mendapatkan perlawanan sengit dari AQAP dan pejuang suku. Hampir setiap hari, AQAP dan pejuang suku melancarkan operasi sehingga menewaskan belasan milisi.

Bahkan, beberapa waktu lalu AQAP dan pejuang suku berhasil mengepung posisi Syiah Houtsi di kota tersebut. Akan tetapi, pengepungan itu tidak berlangsung lama. Jet pemerintah Yaman dan drone AS melancarkan serangan terhadap posisi pejuang. Serangan itu diluncurkan dengan dalih menargetkan teroris.(kiblat net)

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s