Kepala BNPT: WNI yang Bergabung Dengan Islamic State (IS) Terus Melonjak


Kepala BNPT: WNI yang Bergabung Dengan Islamic State (IS) Terus MelonjakISTIQOMAH NEWS: Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan telah memperingatkan pemerintah bahwa perkembangan ideologi Daulah Islamiyyah/Islamic State (IS) di Indonesia masih mengancam dan semakin mengkhawatirkan.

Hasilnya, kata Kepala BNPT Komjen Pol Saud Usman Nasution, belum pernah terjadi sebelumnya bahwa warga negara Indonesia (WNI) begitu aktif pergi ke Suriah dan Iraq untuk bergabung dengan IS. Kepala BNPT yang baru diangkat menggantikan Asnyaad Mbai ini menambahkan, perekrutan pejuang IS dari Indonesia telah melonjak lebih dari tiga kali hanya dalam beberapa bulan.

“Pada bulan Juni 2014, jumlah pengikut IS memulai dari Indonesia adalah 86. Jumlah melonjak menjadi 264 pada bulan Oktober,” kata Saud, di sela-sela pertemuannya baru-baru ini degan sejumlah pengurus Nahdlatul Ulama (NU) di Jakarta, seperti dilansir oleh The Jakarta Post pada Senin (8/12/2014).

Saud mengatakan, rekrutan terbaru IS adalah seluruh keluarga yang tinggal di Lebak dan Tangerang, Banten. “Keluarga telah menjual rumah mereka dan semua aset untuk pindah ke Suriah untuk bergabung dengan IS,” jelas Saud, yang menolak untuk menjelaskan lebih lanjut kepada awak media sosok yang dimaksud.

“Secara total, diperkirakan 514 orang Indonesia telah pergi ke Suriah dan Iraq untuk berperang bersama IS, dengan sekitar setengah dari mereka yang terdiri dari WNI yang sudah berada di negara-negara terdekat seperti mahasiswa atau pekerja migran sebelum munculnya IS”, tambah Saud.

Melihat angka itu, lanjut Saud, Indonesia merupakan pemasok terbesar di kawasan Asia Tenggara para pejuang IS. Sebagai perbandingan para mujahidin IS dari Asia Tenggara adalah Malaysia sekitar 40 orang, Filipina 200 dan 60 warga Australia telah bergabung dengan IS, menurut beberapa laporan media.

“Karena Indonesia memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia, negara akan selalu menjadi pusat perekrutan,” ujar mantan Kadensus 88 pada tahun 2009 itu(PANJIMAS)

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s