Uni Eropa Hapus Hamas dari Daftar ‘Teroris’


Hamas-syap militer Hamas Brigade Izzuddin Al-Qassam sedang latihan-jpeg.imageISTIQOMAH NEWS: Negara-negara Uni Eropa akhirnya menghapus gerakan Hamas Palestina dari daftar kelompok ‘teroris’. Saat ini Uni Eropa sedang mengkaji untuk mencairkan dana Hamas yang dibekukan dan tersimpan di perbankan Eropa.

Keputusan ini diambil dalam sidang Uni Eopa di Luksemburg, Rabu (17/12) kemarin. Hamas menyambut baik keputusan ini. Hamas menilai keputusan ini sebagai langkah untuk meluruskan sejarah.

Sebaliknya penjajah Zionis mengecam keputusan itu. Ini merupakan kekalahan diplomatik Zionis berikutnya. Sebelumnya sejumlah negara Eropa mengakui Palestina sebagai negara yang berdaulat.

Keputusan Pengadilan Uni Eropa, Rabu (17/12/2014), untuk menghapus nama kelompok Hamas dari daftar “terorisme” karena saat keputusan memasukkan Hamas ke dalam daftar kelompok teroris pada 2001 bukan didasarkan pada fakta hukum.

Keputusan memasukkan Hamas ke dalam kelompok “teroris”, menurut pengadilan yang berbasis di Luksemburg itu, murni didasari atas kesimpulan yang diambil dari berbagai pemberitaan media dan internet.

Meski demikian, aset-aset Hamas untuk sementara, setidaknya selama tiga bulan, masih menunggu untuk dicairkan.

Keputusan pengadilan ini muncul beberapa jam sebelum parlemen Uni Eropa dijadwalkan mengambil suara terkait pengakuan terhadap negara Palestina. Sejumlah negara anggota Uni Eropa itu memicu kemarahan Zionis karena secara resmi mengakui eksistensi Palestina.

Hamas menyambut baik keputusan pengadilan Uni Eropa tersebut dan menggambarkan keputusan ini sebagai sebuah kemenangan. “Ini adalah kemenangan bagi Palestina dan rakyat kami,” kata juru bicara Hamas Fawzi Bahrum.

Untuk pertama kalinya gerakan yang didirikan, antara lain, oleh Asy-Syahid Syaikh Ahmad Yassin ini dimasukkan ke dalam daftar hitam kelompok “teroris” pada Desember 2001, tak lama setelah peristiwa 11 September di menara kembar WTC New York, AS. Pada 2003, Uni Eropa turut memasukkan Hamas ke dalam daftar hitam kelompok “teroris” tersebut.(SALAM ONLINE)

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s