Sadis, Milisi Syiah Iraq Rampas Balita dari Ibunya dan Dieksekusi


Sadis, Milisi Syiah Iraq Rampas Balita dari Ibunya dan DieksekusiISTIQOMAH NEWS: Milisi Syiah yang didanai pemerintah kembali dilaporkan melakukan pembantaian massal di wilayah yang baru direbut dari Daulah Islamiyah. Lebih dari 70 warga sipil dari keluarga Sunni dieksekusi oleh milisi yang dikenal dengan Al-Hasd Al-Syakbi itu.

Menurut keterangan anggota parlemen provinsi Diyala, Nahidah Dayani, pembantaian itu terjadi pada Senin (26/01) di salah satu desa di kota Sherwin di timur laut Diyala. Militer Iraq dan milisi Syiah mengumumkan bahwa desa itu telah berhasil dibebaskan dari Daulah Islamiyah.

Kepada Al-Jazeera, Dayani menjelaskan bahwa para militan Syiah itu bergerak menuju desa tersebut pada sore hari. Mereka mengepung pengungsi dari keluarga Al-Jabur dan Al-Mahdawiyah yang dikenal sebagai keluarga Ahlu Sunnah.

Kemudian, mereka mengeksekusi satu persatu anggota dua keluarga tersebut. Sebanyak 70 orang lebih terbunuh akibat pembantaian itu. Mayoritas mereka adalah anak-anak dan wanita. Mereka terbunuh dengan luka tembak di kepala.

“Lebih menyedihkan lagi, sejumlah anak-anak dirampas dari gendongan ibunya kemudian dieksekusi di tempat,” ujar anggota parlemen wanita itu.

Tidak hanya itu, lanjutnya, mereka yang berdatangan dengan mengendarai mobil rampasan dari Daulah itu meledakkan sedikitnya 12 masjid Ahlu Sunnah. Ratusan rumah warga juga menjadi sasaran. Mereka berupaya melenyapkan Ahlu Sunnah di desa itu.

Ketika ditanya kenapa pemerintah diam tentang pembantaian ini padahal mengetahuinya, Dayani menjelaskan bahwa terjadi pembiaran di kubu pemerintah. Di tubuh pemerintah banyak yang mendukung aksi pembantaian warga Sunni tersebut.

Diyana menegaskan bahwa pembantaian itu dalam rangka mengubah demografi dan pembersihan Ahlu Sunnah dari Iraq. Milisi-milisi Syiah itu berupaya mencegah warga Sunni kembali ke rumah masing-masing, setelah kondisi dianggap aman.

Perlu diketahui, bukan hanya kali ini milisi Syiah Iraq melakukan pembantaian di wilayah-wilayah yang berhasil direbut dari Daulah. Sebelumnya, pembantaian itu juga dilakukan di sejumlah wilayah di Diyala, Shalahudin dan provinsi-provinsi lain.

Sumber: Al-Jazeera (KIBLAT NET)

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s