Muslim Amerika Utara Gelar Festival Islam


Kanada-Muslim Festival-jpeg.imageISTIQOMAH NEWS: Festival Islam terbesar akan digelar di Amerika Utara. Festival dibuka pada Jum’at (31/7) pekan ini di Mississauga, sebuah kota pinggiran di Greater Toronto Area.

Melalui festival tersebut Muslim Amerika Utara akan memberikan inspirasi ajaran Islam yang penuh makna lewat seni dan budaya.

“Festival Muslim kembali diadakan untuk yang ke-14 kalinya di Mississauga Celebration Square. Event ini rata-rata menarik 25 ribu pengunjung,” ujar Sana Khawaja, humas panitia MuslimFest, seperti dilansir OnIslam.net, Rabu (29/7).

Dia menambahkan, event ini akan mengkolaborasikan budaya dari berbagai komunitas Muslim Amerika Utara.

Festival Muslim akan menampilkan hiburan tradisional yang telah berusia ratusan tahun, sekaligus memberi ruang ekspresi seni kontemporer. Semua bisa dinikmati oleh pengunjung dari berbagai latar belakang dan kelompok usia.

Sana mengungkapkan, Festival Muslim resmi dibuka Jumat (31/7) dengan pemutaran film Syariah yang disutradarai dan dibintangi oleh Omar Regan. Menampilkan konser, serta pemutaran film dokumenter, festival tersebut akan berlangsung sampai Ahad (2/8) malam.

Untuk kali pertama, festival tersebut akan menampilkan Julien Breton, yang terkenal dengan light calligraphy-nya.

Pengunjung dapat menikmati jajanan kuliner internasional di bazaar Jalur Sutra, tempat pedagang menjual pakaian etnis, potongan desain interior, dan ornamen dari seluruh dunia.

“Anak-anak dapat menjajal naik unta, ikut karnaval, bermain basket, atau membuat karya seni,” tambah Sana.

Diluncurkan pada 2004, Festival Muslim merupakan inisiatif bersama dari DawaNet, Young Muslim Kanada, dan Sound Vision. Acara ini bertujuan untuk menghubungkan komunitas Muslim dengan masyarakat luas lewat bahasa seni, budaya.

Festival ini dipilih oleh Festival dan Acara Ontario (FEO) sebagai salah satu dari 100 festival di provinsi pada 2013.

Muslim adalah komunitas yang paling cepat berkembang di Kanada, menurut kantor statistik negara itu.

Populasi Muslim Kanada meningkat 82 persen selama dekade terakhir dari sekitar 579.000 pada 2001 menjadi lebih dari 1 juta pada 2011. Muslim mewakili 3,2 persen dari total penduduk Kanada.

Toronto adalah salah satu kota yang paling beragam di dunia dan tempat terbaik untuk tinggal. Sebuah survei terbaru telah menunjukkan mayoritas Muslim bangga menjadi warga Kanada. (EZ/salam-online)

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s