Ketua PP Muhammadiyah: Aliansi Anti-Sunni Bangkitkan Macan Tidur


Ketua PP Muhammadiyah: Aliansi Anti-Sunni Bangkitkan Macan TidurISTIQOMAH NEWS: Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Yunahar Ilyas, MA mempersilakan aktivis Syiah Emilia Renita membuat Aliansi Anti-Ahlu Sunnah Wal Jamaah atau Sunni. Sebab, menurutnya, ada atau tidaknya aliansi anti Sunni tidak mengubah substansi Syiah sebagai anti-thesa Sunni.

“Silahkan saja kalau orang mau buat gerakan anti-Sunni, tidak ada pengaruh. Toh, tanpa dia membuat gerakan anti-Sunni dia sudah anti sunni, ajaran-ajaran yang mereka sebarkan sudah anti-Sunni,” katanya kepada Kiblat.net pada Selasa (3/11).

Menurut tokoh yang juga menjabat Wakil Ketua MUI Pusat ini, merebaknya gerakan anti-Syiah muncul dari reaksi pergerakan anti-Sunni. Pergerakan anti-Sunni yang dimaksud, kata Yunahar, bukan dalam bentuk lembaga formal. Akan tetapi dalam bentuk pemikiran dan ajaran yang disebar.

“Anti-Sunni itu bukan harus dibuat kata-kata anti. Perkataannya dan perbuatannya saja sudah anti. Misal, Sunni menghormati Abu Bakar Ash-Shidiq dan Umar Bin Khattab sedangkan Syiah melaknat. Itu Sudah anti Sunni namanya,” ujar pria yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Muhammad Ibnu Su’ud, Riyad, Arab Saudi, ini.

Ia berpendapat, bila aktivis Syiah benar-benar membuat lembaga formal anti-Sunni justru menjadi bumerang bagi mereka sendiri. Keberadaan aliansi anti-Sunni akan memicu ketidaksukaan terhadap kelompok Syiah lebih luas.

“Kalau dia model begitu, itu namanya membangkitkan macan tidur. Selama ini umat Islam yang mau bergerak membendung Syiah tidak banyak, sebagian besar diam. Kalau dia buat provokasi seperti itu, yang diam ini bisa bangun,” tegasnya.

Yunahar sendiri menilai, pernyataan aktivis Syiah bahwa mereka ingin membentuk aliansi anti-Sunni hanyalah perang urat syaraf. “Itu psywar aja,” tandasnya.

Syiah Emilia Renita Az beberapa waktu lalu melontarkan kelompoknya juga bisa membuat aliansi anti Islam Ahlusunnah wal Jamaah alias Sunni. Pernyataan itu diungkapkan ketika menanggapi deklarasi Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS).

“Tentunya, apakah kami sebagai orang Syiah tidak bisa (membentuk) aliansi nasional anti Sunni misalnya,” kata Emilia Renita Az saat konferensi pers di kantor LBH Jakarta.(PANJIMAS)

By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s