Eksekusi Tokoh Syiah Saudi: Protes Menjalar dari Bahrain hingga India


Eksekusi Tokoh Syiah Saudi: Protes Menjalar dari Bahrain hingga IndiaISTIQOMAH NEWS: Sejumlah warga Iran mengadakan aksi unjuk rasa di depan kedutaan Saudi di Teheran, (03/01) pagi ini. Mereka marah atas eksekusi yang dilakukan oleh Arab Saudi terhadap tokoh Syiah terkemuka di Saudi. Massa demonstran membakar ban bekas dan melemparkan kertas dari atap bangunan kedutaan, lapor media Iran.

Kantor Berita ISNA melaporkan pejabat polisi negara itu, Jenderal Hossein Sajedinia, bergegas ke tempat kejadian dan polisi segera bertindak untuk membubarkan kerumunan massa yang emosi. Demonstran mengutuk eksekusi tokoh Syiah Saudi, Nimr al-Nimr.

Pemimpin Syiah di Iran dan negara-negara lain di Timur Tengah pun segera melayangkan kecaman pada Riyadh dan memperingatkan adanya ancaman serangan balik dari isu sektarian Sunni-Syiah.

Arab Saudi pada Sabtu (02/01) mengeksekusi 47 tahanan, yang sebagian besar di antaranya justru adalah anggota Al-Qaidah tahanan. Eksekusi ini digadang-gadang akan semakin memicu ketegangan Sunni-Syiah pada skala regional antara kerajaan-kerajaan Arab yang Sunni dengan Iran, sebuah negara yang didominasi Syiah.

Sementara Arab Saudi bersikeras eksekusi tersebut adalah bagian dari perang yang dibenarkan dalam rangka melawanterorisme, politisi Iran memperingatkan bahwa kerajaan Saudi akan membayar harga yang mahal atas kematian al-Nimr.

Kementerian Luar Negeri Iran memanggil utusan Saudi di Teheran untuk melayangkan nota protes, sementara di saat bersamaan Kementerian Luar Negeri Saudi juga mengatakan telah memanggil utusan Iran untuk kerajaan Saudi. Kemenlu Saudi memprotes reaksi Iran atas eksekusi al-Nimr, sembari mengatakan bahwa Iran dianggap “terlalu campur tangan secara terang-terangan” dalam urusan internal Saudi.

Di Teheran, kerumunan masa berkumpul di luar kedutaan Saudi dan meneriakkan slogan-slogan anti-Arab. Beberapa pengunjuk rasa melemparkan batu dan bom molotov ke arah kedutaan. Mereka juga menyulut api di bagian bangunan.

“Beberapa dari mereka masuk kedutaan. Saat ini, orang yang memasuki kedutaan telah diusir keluar (bangunan). Namun, banyak orang masih ada di depan kedutaan,” kata media Iran, ISNA, pada Ahad pagi.

Beberapa pengunjuk rasa masuk ke kedutaan dan melemparkan kertas dari atap, dan polisi bekerja untuk membubarkan kerumunan. Polisi juga telah berupaya mengusir demonstran dari gedung dan menangkap beberapa orang di antara mereka.

Memicu ketegangan regional

Eksekusi al-Nimr diprediksi akan membuka bab baru pertarungan yang sedang berlangsung antara Sunni-Syiah di Timur Tengah, dengan Arab Saudi dan Iran sebagai aktor utama. Dua kekuatan regional ini saling berhadapan dalam perang sipil di Yaman dan di Suriah.

Arab Saudi juga negara yang kerap mengkritik perjanjian Iran baru-baru ini dengan kekuatan dunia yang mengakhiri sanksi ekonomi internasional dalam pertukaran untuk membatasi program nuklir Iran.

Menurut sejumlah pengamat, eksekusi ulama Syiah ini juga semakin mempersulit hubungan Arab Saudi dengan pemerintah Syiah di Iraq. Padahal, Kedutaan Saudi di Baghdad baru dibuka kembali untuk pertama kalinya dalam hampir 25 tahun pada hari Jumat, (01/01). Sejak Sabtu kemarin sudah ada seruan publik kepada Perdana Menteri Haidar al-Abadi untuk menutup kedutaan Saudi lagi.

PM Al-Abadi pada Sabtu malam berkomentar di akun twitter resminya bahwa ia “terkejut dan sedih” dengan eksekusi al-Nimr. Ia menambahkan bahwa, “oposisi damai adalah hak dasar. Represi tak boleh berlangsung.”

Ratusan pendukung al-Nimr di tanah kelahirannya di wilayah al-Qatif, bagian timur Arab Saudi juga memprotes eksekusi itu. Pemuja Syiah di Bahrain dan India Utara juga melakukan protes sehingga polisi terpaksa menembakkan gas air mata dan tembakan peringatan.KIBLAT NET

Iklan
By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s