Kerusuhan Tanjungbalai, KH Athian Ali: Lihat Apinya Bukan Asap!


Ketua Umum Forum Ulama Ummat Indonesia (FUUI) KH Athian Ali M Dai. | Foto: Ally Muhammad AbduhISTIQOMAH  NEWS: Menanggapi peristiwa kerusuhan antar etnis di Tanjungbalai, Ketua Forum Ulama Ummat Indonesia (FUUI), KH Athian Ali menilai, banyak pihak yang tidak melihat akar permasalahan. Sehingga mereka hanya melihat asap dan enggan melihat apinya.

“Aneh, ramai orang membicarakan, tapi hanya melihat asap tapi tidak melihat apinya. Sumber tersebut seperti apa?” kata Ketum ANNAS kepada Jurnalislam melalui sambungan telepon, Selasa (2/8/2016).

Menurut, Kyai yang getol meredam paham Syi’ah ini, wajar jika orang yang beragama marah ketika keyakinannya dilecehkan. “Orang beragama musti berkeyakinan, ia rela mengorbankan apapun ketika keyakinan itu dilecehkan,” tandas Kyai Athian yang juga Ketua Umum Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS).

“Di Tanjungbalai itu pelecehan terhadap Islam hanya dengan hal yang kurang inti (toa masjid – red), tapi tetap itu sebuah keyakinan. Bagaimana jika bagian inti dari Islam dilecehkan seperti ajaran Syi’ah?” sambungnya.

Berbicara tentang kerukunan beragama dan toleransi, Kyai Athian juga menyayangkan respon umat Islam di Tanjungbalai. Ia mengimbau agar umat Islam harus tetap proporsional dan objektif dalam melihat suatu kejadian.

“Andai kata masing-masing agama menahan diri dengan cukup dengan keyakinan yang berbeda dan tidak menodai agama lain, saya yakin akan rukun,” pungkasnya.

Seperti diketahui, kerusuhan antar etnis di Tanjungbalai, Sumatera Utara pada Jum’at (29/7/2016) lalu dipicu oleh sikap seorang warga Tionghoa bernama Merliana yang merasa terganggu oleh suara adzan.JURNAL ISLAM

Iklan
By Tyang Ndusun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s